Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Sahabat TQ, gimana kabarnya?? Semoga baik….
Sahabat, meski udah banyak tips2 yang bermanfaat agar hafalan al-Qur’an kita lebih awet dan tidak mudah hilang, izinkan saya menyisipkan beberapa tips yang mungkin bisa diambil manfaatnya.
Salah seorang guru al-Qur’an saya dulu pernah memberi nasehat, bahwa dalam muroja’ah al-Qur’an, minimal kita membaca dengan tartil satu juz setiap hari, kira2 satu juz itu tiga perempat sampai satu jam, yang lainnya baru boleh lebih cepat…. Jadi misal istiqomah kita 5 juz sehari, yg 1 juz baca tartil, yg 4 juz baca biasa (maksude ‘biasa’ itu 1 juz sekitar 15-30 menit)….
Pembacaaan dengan tartil (1 juz= 3/4 sampe 1 jam) ini, disamping hikmah2 bathiniyah, ada hikmah dhohiriyah yg bisa kita petik, yaitu hafalan kita lebih ‘ceket’, awet, bisa kelihatan tiap hurufnya, bisa bedakan mana yg ‘waw’ dan mana yg ‘fa’ (maksude lebih teliti hafalane) hingga bisa tahu dimana letak tiap hurufnya… (tentu ini membutuhkan kekuatan otak yg dibantu dengan istiqomah). Muroja’ah tartil ini bisa kita cicil, tiap ba’da sholat 2 lembar atau terserah gimana kita membacanya, asal satu juz sehari bisa kita istiqomahkan.
Sedangkan membaca dengan lebih cepat (membaca biasa, sekitar 15-30 menit) itu untuk memudahkan kelancaran, lebih cepet tanggep sambungan tiap ayat dan lanjutan ayatnya. Untuk muroja’ah jenis yang ini, bisa kita gunakan ketika sholat, atau ketika sedang santai sehabis melakukan aktivitas…
Ada lagi jenis muroja’ah yang lain, yaitu dengan membaca biasa, berganti2 antara bil ghoib dan bin nazhor. Jadi tiap satu khataman dengan bil ghoib, berganti dengan satu khataman bin nazhor, demikian seterusnya. Jenis muroja’ah ini terinspirasi dari seorang sahabat yang aku kagumi, yang tak pernah berhenti bibirnya berkecumik melafadkan hafalan al-Qur’annya…
Ada lagi yang juga penting untuk lebih teliti terhadap hafalan al-Qur’an, yaitu dengan merekam hafalan kita melalui hape atau tape recorder, begitu satu juz, kita dengar lagi dan kita semak dengan mush-haf, agar kita tahu hafalan kita udah bener apa tidak. Tapi muroja’ah jenis ini rentan dengan rasa malas dan lainnya. 
Tapi intinya, semua tips itu hanyalah tinggal tips saja kalo kita tidak bisa istiqomah dalam muroja’ah. Selalu mohonlah pada ALlah agar kita dititipi jiwa istiqomah ini… jadi, selamat mencoba…… (^_))
oleh Ust Ilyas Muhammad

murojaah, arti murojaah, murojaah artinya, muroja\ah artinya, pengertian murojaah, muroja\ah, cara murojaah, apa itu murojaah, tips agar hafalan tidak mudah hilang, apa arti murojaah, cara murojaah hafalan, arti dari murojaah, Tips murojaah, murojaah itu apa, murojaah hafalan, arti muroja\ah, cara istiqomah menghafal al quran, arti kata murojaah, tips murojaah hafalan, pengertian muroja\ah, muroja\ah adalah, murojaah al quran, metode murojaah, apa arti muroja\ah, muroja, arti murojah, murojah, cara murojaah al quran, arti murojaah al quran, murojaah quran, arti muroja\ah al quran, cara menjaga hafalan al quran, arti dari muroja\ah, murojaah arti, cara murojaah hafalan quran, muroja\ah itu apa, cara menjaga hafalan quran, arti muroja, apa itu muroja\ah, cara murojaah alquran, apa yang dimaksud murojaah, cara menjaga hafalan, arti muroja\ah al qur\an, murojaah alquran, murajaah artinya, Arti murojaah quran, muroj, cara agar hafalan tidak mudah hilang, muroja ah, metode murojaah alquran

2 thoughts on “Tips agar hafalan al-Qur’an lebih awet dan tidak mudah hilang

  • December 10, 2016 at 1:16 pm
    Permalink

    sukron tipsnya… smg bs sy melaksanakannya dgn istiqomah…

    Reply
  • December 10, 2016 at 1:17 pm
    Permalink

    sukron tipsnya… smg sy bs melaksanakannya dgn istiqomah…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *